Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Kreasi Bambu merupakan suatu kerajinan tangan dalam mewujud kreatifitas masyarakat. Batang bambu memiliki sifat kuat dan fleksibel, sehingga sangat cocok dimanfaatkan menjadi suatu produk yang nantinyan dapat meningkatkan potensi serta peningkatan taraf hidup di daerah tersebut. Bambu sendiri sangat potensial sebagai bahan substitusi kayu karena rumpunan bambu dapat terus berproduksi selama pemanenannya terkendali dan terencana. 

Kreasi Bambu ini dapat dikembangkan di daerah-daerah pedesaan yang memiliki potensi bambu melimpah. Salah satu daerah yang memiliki potensi bambu yakni di desa Jambu Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan Madura. Pohon bambu di desa ini dapat dikatakan melimpah, akan tetapi  masyarakatnya belum bisa memanfaatkan peluang tersebut secara maksimal. Hal ini diperlukan suatu kegiatan yang dapat mengembangkan potensi yang ada. Maka dari itu kami kelompok KKN 80 Universitas Trunojoyo Madura berinisiatif melaksanakan kegiatan berupa pelatihan kreasi bambu.

Proses pemilihan bambu
Pelatihan kreasi bambu dilaksanakan pada hari Senin (23/07) sekitar pukul 09.00 WIB. Pelatihan diawali dengan pemilihan bambu sesuai kriteria yang dibutuhkan, selanjutnya dilakukan penebangan yang sesuai dengan kebutuhan. Proses tidak berhenti disitu, melainkan perlu dilakukan pengeringan. Tujuannya agar mendapatkan  kualitas terbaik dilihat dari segi warna maupun ketahanan. Sebelumnya dilakukan pengolahan perlu menyiapkan  peralatan dan bahan untuk pengolahan kreasi bambu. Alat yang digunakan seperti gergaji, golok, pisau, penggaris dan spidol dan lain sebagainya. Bahannya meliputi bambu sebagai bahan baku utama. Bahan bambu yang baik adalah jenis bambu noreh karena mudah dibentuk, pernis, lem G, benang wol, agel, amplas. Selanjutnya dilakukan pengolahan bambu. 

Caranya yaitu: 
  1. Mengukur bambu sesuai keinginan
  2. Dipotong dan di amplas untuk memperhalus
  3. Dibentuk sesuai dengan model yang dikehendaki
  4. Dihias secantik mungkin
  5. Dipernis/dipelitur agar memperoleh warna yang mengkilat.
  6. Pengeringan
  7. Siap dipasarkan atau digunakan pribadi.

Pembukaan pelatihan kreasi bambu bersama pemuda Desa Jambu
Proses pembuatan kreasi bambu
Bambu dapat dikreasikan dengan model yang beranekaragam mengikuti trend yang ada, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Khususnya bagi warga di Desa Jambu sendiri. Pelatihan ini dihadiri oleh para pemuda-pemudi, dan ibu-ibu rumah tangga. Jumlah peserta yang hadir kurang lebih 15 orang dan  mendapat respon positif.  Harapan kami kepada masyarakat desa Jambu dapat mengembangkan potensi bambu di desa tersebut agar menjadi produk unggulan yang memiliki nilai jual tinggi. Selain itu dengan adanya pelatihan  ini dapat mengurangi pengangguran jika memang para pesertanya berkeinginan untuk mengembangkan usaha tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib