Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]



Berdasarkan survey lokasi di Desa Jambu Kecamatan Burneh terdapat potensi yang bisa dikembangkan. Salah satunya yaitu hasil pertanian berupa padi. Di desa ini rata-rata produktivitas padi cukup besar. Jadi kami berinisiatif untuk mengolah hasil pertanian padi tersebut agar memiliki nilai tambah serta meningkatkan nilai ekonomisnya.Apalagi yang kita ketahui banyak sebagian besar petani langsung menjual padi ke pasaran berupa bahan mentah tanpa adanya proses lebih lanjut.

Kegiatan yang dilakukan yaitu mengenalkan produk rice milk yang terbuat dari beras dan kaya akan khasiat. Selanjutnya dilakukan pelatihn proses pembuatan rice milk. Kegiatan ini untuk memberikan nilai tambah suatu produk dari bahan mentah menjadi suatu produk olahan. Sehingga dapat menambah daya ekonomisnya jika dikomersialkan. Adanya pelatihan ini untuk memberikan wawasan kepada masyarakat Desa Jambu agar mengolah hasil pertanian di sekitar tempat tinggalnya dan dapat di implementasikan ke depannya.

Hasil yang dicapai pada program ini adalah agar para wanita berkontribusi dalam keluarga untuk menambah pendapatan dan mempraktekan kegiatan setelah berakhirnya pelatihan yang diadakan. Para wanita dapat membantu suami untuk menambah pendapatan di keluarganya. Sehingga tidak hanya bergantung pada hasil pertanian.


Pelaksanaan pelatihan pembuatan rice milk dapat dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga di Desa Jambu. Kegiatan ini dapat dilaksanakan pada hari Jumat jam 09:00 sampai jam 11:00 selama 1 kali dalam sebulan. Pelatihan ini lebih ditunjukkan dari peran masyarakat Desa Jambu untuk dapat mensukseskan program tersebut dan menjadikan desa Jambu menjadi lebih maju dan memiliki inovasi makanan yang baru. Desa Jambu dinilai cocok untuk pengembangan pelaTujuan dari adanya pelatihan Rice Milk yaitu :

  1. Membangun pola hidup sehat dengan minum susu buatan sendiri tanpa mengandung bahan pengawet dan rendah kolestrol 
  2. Dapat dijadikan sebagai usaha baru yang unik, sehat dan kreatif. Khususnya desa Jambu 
  3. Terbukanya lapangan usaha 
  4. Untuk meningkatkan kesehatan generasi bangsa 
  5. Untuk mensejahterakan dan meningkatkan pendapatan perekonomian desa Jambu

Disamping itu terdapat manfaat dalam pembuatan Rice Milk yang merupakan pengganti terkenal untuk susu sapi dan cara pembuatannya pun sangat mudah. Susu nasi diekstrak langsung dari butir-butir nasi. Hal itu menjadikan susu bebas laktosa sebagai lawan susu sapi. Susu nasi juga mengandung tingkat yang lebih tinggi karbohidrat dari pada susu sapi. Karbohidrat mengandung tingkat energi yang tinggi dan cocok untuk pengganti sarapan anak-anak sebelum sekolah. Selain itu sangat cocok juga bagi penderita kolestrol, jumlah kolestrol pada susu nasi yaitu nol. Susu ini lebih rendah allergen dibanding susu kedelai karena produk susu ini tergolong susu nabati pengganti susu sapi minim resiko alergi. Kandungan yang terdapat di dalam susu ini meliputi kalsium sebanyak 30% dan 15% fosfor harian yang dibutuhkan tubuh serta mengandung banyak anti oksidan baik bagi ketahanan tubuh.tihan pembuatan rice milk dikarenakan masyarakat sekita jambu hasil pertaniannya berupa padi. Maka dari itu harapannya produk ini dapat dikembangkan sesuai dengan potensi yang ada di Desa tersebut.

Untuk proses pembuatan Rice Milk bisa dicek di: Memanfaatkan Nasi Sisa Untuk Dijadikan Kuliner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib